kerbau mirip kita atau kita yang mirip kerbau

[Hanya sebagai bahan renungan
untuk kita semua]
AlKisah,.Pagi yg cerah sekitar pukul
06.00.seperti biasa petani itU
mengluarkan kerbau dari
kndangnya untuk pergI membajak
sawah. Dari pagi hingga siang
mereka asyik bekrja sama
mengaduk2 lumpur sawah
Pkul 11.30,.datang istri sang petani
membawa makan siang suaminya
nasi bakul,ikan asin,sambel dan
lalapan.
Kemudian petani itu asyik makan
dgn lahapnya sementara si kerbau
sahabatnya istirahat tak jauh dari
nya
Tepat pukul 12.00,terdngar suara
sayup2 mengudara dari kejauhan
si kerbau tidak mengrti dan
bertanya pada juragannya itU. .
“.Hhoaa. .(suara besar kerbau)
juragan,suara apa tuch??sayup2
enak skali??” “itU suara adzan”
jawab juragan.
“adzan itU apa?”tanya kerbau “itu
seruan memanggil org islam untk
sh0lat.” jawab petani “sh0lat itu
apa??” TAnyanya lagi “Sh0lat itU
menymbah ALLAH SWT,Tuhan
pencipta alam,org islam
mlaksanakannya 5X sehari..”jwb
petani ‘0oh ..”kata si krbau.
“AGAN,orang islam??” Tanyanya
lagi, “iya islam”kata petani itu cuek.
“AGAN suka sholat??” tanya kerbau,
sambil tersipu ia petani menjwaB
“ooh.,tidak!” “sama dgn saya
dong” kata si kerbau. Kemudian
mereka meneruskan lagi kerja nya.
Jam 14.30,.mereka selesai, Ketika
sedang beres2 terdngar lagi suara
lantUnan orang dari kejauhan yg
enak di dengar,tetapi kali ini
suaranya lain,. “AGAN suara apa lg
tuh?”tanya kerbau polos,,. “kok
beda dengan yg tadi!..?kata
kerbau. “ooh,kalau itu orang yg
membaca alquran” jawab petani
“ALQURAN itU apa??” tanya kerbau.
“Kitab suci dan petUnjuk hidup
umat islam!” jawab petani. “apa
AGAN suka membacnya?? Tanya
kerbau. “Kebetulan tidak! ,mana
sempat! siang ini kan kerja malam
cape..” jawab petani “sama dong
dengan saya” kata si kerbau lagi
dengan kalem. kemudian mereka
pun pulang.
Jam 18.30,sehabis magrib dari
speaker msjid dkat rumah petani
itu,.Terdngar suara orang berbicra
panjang lebar.
kemudian si kerbau bertanya lg.
“agan,.kalau itu suara apa??” tanya
kerbau. “Oh itu pengajian di msjid”
jwb petani “pengajian itU apa??”
tanya kerbau lagi. “oh itu orang2
yg sedang mendalami agama”
jawab petani “bagus yach gan??”
celoteh kerbau. “iya bagus,”jwb
petani singkat “agan suka dtang
ke pngajian??” tanya kerbau.
“kebetulan tidak,kan setiap hari
sibuk brkrja” jawab petani “Seperti
tadi dong agan sama dgn saya”
kata kerbau.
Esok harinya saat si petani lahap
makan siang karena lapar,si
kerbau membuka perckapan lagi..
“Agan!”katanya, “apa?” jwb petani
“walaupun binatang saya juga
ciptaan tuhan rasanya saya ingin
juga mengenal tuhan yg telah
memberi saya jatah hidup,nafas
tenaga&makan,TAPI apalah artinya
saya,,saya hanya seekor kerbau.
rasanya ingin saya menyembah
NYA,berterima kasih kpadaNYA
BeribAdah seperti orang2 dimsjid
itU,tapi mana sempat,saya kerja
terus setiap hari waktu habis
untuk kerja tidak ada wktu untuk
mendekati tuhan untuk beribdah
kepada NYA” kata kerbau panjang.
Merasa ada yg membenarkan
kesibukan nya.si petani buru2
menjawab..
“SAMA DENGAN SAYA” kata petani
si kerbau pun termenung..
“`emmmhh,,ternyata banyak
manusia seperti saya, wujudnya
saja manusia tetapi hakekatnya
kerbau.. Tak ada bedanya seperti
binatang wktu nya habis hanya
untuk kerja mencari makan &
uang. Kesibukan hanyalah alasan
untuk melupakan tuhan.banyak
manusia memang tak tahu diri
sudah mulia jadi
manusia. ,. . .eeh..kesadaran nya
tidak lebih dari kerbau. The end.
(PERTANYAAN SEDERHANA,APAKAH
KITA SEPERTI KERBAU SELAMA INI??)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: