tips menghadapi ujian nasional (UN)


Menghadapi Ujian Nasional banyak sekolah berlomba dengan berbagai cara, bahkan ada yang menempuh jalur ekstrim.
Yakni dengan memajukan jam masuk sekaligus mengundurkan jam pulang.

Tentu ini bukan langkah bijak.
Belajar Efektif Siswa harus dipersiapkan sejak dini adalah benar.
Namun hal tersebut harus dilakukan dengan sistem yang tepat dan mempertimbangkan berbagai macam aspek.
Sebenernya ini cuma sedikit pengalaman sewaktu gw ngerjain soal Ujian Nasional SMP.
Mungkin aja ini bisa diterapin buat UASBN SD, UN SMP, atau bahkan UN SMA.
Tapi ini cuma sekitar tips sedikit aja. Nilai UN gw 37,80. Sudah sangat cukup buat gw, ini ada dia tips nya!

1. => Pelajari Latihan Contoh-Contoh Soal Berhubung UN itu lebih kepada soal-soal pilihan ganda.
Jadi menurut gw latihan contoh-contoh soal.
Baik ulangan biasa ataupun soal-soal UN tahun sebelumnya.
Beli buku-buku soal di toko buku, latihan banyak- banyak,
jadi pas ngerjain soal UN bakal terbiasa.

2. => Belajar Latihan Soal dari Bimbingan Belajar.
Pelajari setiap latihan soal yang diberikan dari bimbingan belajar.
Karena selaen sekolah yang punya kisi-kisi Ujian Nasional itu adalah hampir semua bimbingan belajar.
Pasti mereka pengen setiap yang ikut bimbingan belajarnya sukses UN dan membuat reputasi bimbingan belajar itu jadi baik.

3. => Bikin Catatan Kecil di Satu Kertas HVS.
Catatan ini bukan buat contekan, tapi buat mengingat dimana aja.
Pas ulangan ya jangan dibawa.
Bagi kertas HVS itu sampe terlipat jadi 8 bagian.
Karena kertas HVS itu bisa dipake bolak-balik, jadi lo bisa catet semua materi yang akan di tes kan di 16 bagian yang tersedia.
Taruh di kantong, pas kemana-mana, bisa dibawa-bawa.
Lumayan buat belajar ke mana aja lo pergi.
Yang tips ini gw dapet dari guru smp dan berhasil.

4. => Jangan Dibawa Tegang Hadapi dengan santai tapi serius.
Pikiran jangan buat dapetin nilai yang asal lulus aja.
Pikirin bahwa nilai lo itu bisa dapet yang tertinggi.
Gw waktu itu gak terlalu bawa tegang.
Karena gw tau gw pasti lulus, dan gw bakal dapet SMA yang waktu itu gw mau.
Karena emang buat masuk SMA itu gak perlu nilai yang terlalu tinggi, masih dalam ukuran biasa aja.
Tapi akhirnya gw masuk SMA 8. Hehe

5. Persiapkan Segala Peralatan buat UN.
Siapin kartu ujian dan segala perlengkapan lainnya.
Kalo udah lengkap, pasti gak ada yang dipikirin lagi.
Ngerjain ujian juga pasti jadi enak tanpa ada beban.

Segini aja sih, semoga berguna.
Hanya sedikit tips dari pengalaman sesaat.
Sedikit tapi diharapkan bisa berguna untuk kalangan banyak.

GOOD LUCK…

    • Profesor M2
    • Februari 28th, 2011

    Insya Allah ane coba, thanx infone,

  1. terimakasih atas infonya :0 ini sangat membantu🙂

    • rezki
    • Desember 14th, 2012

    terima ksh atas informasinya,zmga nilai ujian q baik semua amin

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: